Home » » Manfaat PTK Bagi Guru

Manfaat PTK Bagi Guru


PTK-2  dengan melakukan PTK, guru terbiasa menulis dan sangat  baik dampaknya terutama guru sekolah negeri atau PNS akan naik pangkat khususnya dari gol IV/A ke IV/B karena guru diharuskan menulis karya tulis khususnya saya sebagai guru produktif di SMK, begitu juga guru swasta, PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi dan profesionalisme guru dalam mengajar. PTK lazimnya dimaksud untuk mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru pembelajaran dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di ruang kelas.
Manfaat PT yang dilakukan di sekolah
  • Menumbuhkan kebiasaan menulis. Karena terbiasa menulis , guru bisa memperoleh kesempatan untuk naik golongan bagi PNS.
  • Berpikir analitis dan ilmiah. Karena terbiasa mencari akar masalah dan mencoba mencari jalan keluar, maka seorang guru akan terbiasa berpikir analitis dan ilmiah.
  • Menambah khasanah ilmu pendidikan, banyak kesempatan untuk para guru untuk membaca dan mengembangkan wawasan.
  • Menumbuhkan semangat guru lain.
  • Mengembangkan pembelajaran, dengan PTK guru mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru pembelajaran dan penerapan di ruang kelas.
  • Meningkatkan mutu sekolah secara keseluruhan.
Keunggulan PTK :
  • Praktis dan langsung relevan untuk situasi yang aktual
  • Kerangka kerja teratur
  • Berdasarkan pada observasi nyata dan objektif
  • Fleksibel dan adaptif
  • Dapat digunakan untuk invoasi pembelajaran.
  • Dapat digunkan untuk mengembangkan kurikulum tingkat kelas.
  • Dapat digunakan untuk meningkatkan kepekaan atau profesionalisme guru.
Prinsip PTK
  • Tidak mengganggu pekerjaan utama guru yaitu mengajar.
  • Metode pengumpulan data tidak menuntut metode yang berlebihan.
  • Metodologi yang digunakan harus cukup reliabel sehingga hipotesis yang dirumuskan cukup menyakinkan
  • Masalah yang diteliti adalah masalah pembelajaran di kelas yang cukup merisaukan guru dan guru berkomitmen mencari solusinya.
  • Guru harus konsisten terhadap etika pekerjaannya dan mengindahkan tata krama oranisasi. Masalah yang diteliti sebaiknya diketahui pimpinanan sekolah dan rekan sejawat sehingga hasilnya cepat tersosialosasikan.
  • Masalah tidak hanya berfokus pada konteks kelas, melainkan dalam perspektif misi sekolah dalam keseluruhan

0 komentar:

Post a Comment

Flag Counter